Jumat, 18 Agustus 2017

Cara Membuat Konten Berkualitas dengan Metode ROMBAK

Konten merupakan hal yang penting untuk blog kita, dimana konten yang berkualitas pasti selalu di cari oleh pencari informasi (pembaca). 

Ini menunjukkan,

Membuat konten berkualitas itu adalah tanggung jawab menyajikan tulisan (artikel) yang terbaik. Dan patut disadari itu memang sulit, membutuhkan waktu dan pastinya membuang energi.

Di artikel-artikel sebelumnya saya banyak menyinggung tentang konten yang berkualitas. Maka di artikel ini, saya khususkan ingin mengupas secara lebih dalam bagaimana membuat konten yang berkualitas itu.

Mari kita mulai,

Membuat konten yang berkualitas dan menarik memang sebuah pilihan. Sobat-pun bisa memilih antara membuat konten yang berkualitas atau biasa saja. Itu merupakan pilihan masing-masing. 

Lantas apakah membuat konten biasa saja merupakan pilihan sobat. Menurut saya bukan, jika sobat berkeinginan terus membaca artikel ini sampai akhir. 

Kalau di tanya, apakah saya sudah menerapkan konten berkualitas itu?
Saya-pun sebenarnya juga masih belajar,
" Mari kita sama-sama belajar untuk membuat konten yang berkualitas dan bukan hanya sekedar originalitas "
Anggaplah menulis konten itu sulit dan kita bukan expert di bidangnya, tetapi sekarang ini sudah banyak berbagai macam referensi dari berbagai sumber yang bisa kita manfaatkan.

Contohnya dalam artikel ini, saya mencari bermacam referensi yang menurut saya sangat berguna untuk sobat dan tentunya bagi saya pribadi yaitu membuat konten berkualitas dengan metode ROMBAK. 

Metode yang bagaimana itu?

1. Riset dasar tentang konten
2. Orisinalitas konten (no copy-paste)
3. Memberikan solusi atau jawaban
4. Buat judul (headline) yang kuat
5. Akurat dalam memberikan informasi
6. Komunikasi dengan gambar, video maupun audio

Mari kita bahas satu-persatu,

1. Riset dasar tentang konten

Ada beberapa riset dasar yang harus kita lakukan, disini saya membaginya dengan 4 sub kategori :

# Riset kata kunci tentang konten

Sebelum kita membuat konten yang berkualitas, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencari kata kunci (keyword) tentang topik konten blog kita. 

Dalam hal ini Google telah menyediakan tools yang sangat cerdas yaitu Google Keyword Planner dan Google Suggest Keyword Tool. Silahkan sobat bisa manfaatkan tools tersebut untuk mencari keyword tentang topik yang banyak diminati oleh pembaca. 

Jika sobat bingung dengan kedua tools diatas, saya mempunyai rekomendasi tools yang lumayan mudah untuk digunakan yaitu ubersuggest.io


Silahkan sobat ketikkan topik apa yang ingin di cari, dalam contoh gambar di atas misalnya tentang "menulus artikel". Maka selanjutnya akan muncul bermacam-macam keyword seperti di bawah :


Pilih salah satu kata kunci (keyword) topik yang ingin dikembangkan, sampai disini kita sudah menemukan ide kata kunci topik konten yang bisa kita aplikasikan ke blog.

# Target audience atau pembaca konten

Penentuan target pembaca merupakan langkah selanjutnya yang harus kita lakukan. 

Apa yang mendasari pemikiran itu? 

Ini kaitannya kepada oleh siapa konten kita dibaca. Seperti contohnya di artikel ini, tentunya target pembacanya adalah orang-orang yang ingin belajar ngeblog seperti saya. Konten tentang otomotif, tentunya targetnya juga orang-orang yang suka otomotif.

Benar tidak? 

Jadi untuk menulis konten harus didasari oleh aspek siapa pembacanya. Bagaimana kita menuangkan tulisan tersebut, apakah tulisan yang santai, serius atau dibumbui dengan candaan dan lain-lain. 

Misal untuk mengetahui pembaca berdasarkan usia, sobat bisa menggunakan tools Google Analytic.
Berdasarkan data analytic di atas, peminat konten kita antara umur 25-34 tahun. Maka tentukanlah gaya tulisan yang pas untuk konten tersebut.

# Kompetitor konten

Andaikan konten sobat adalah produk, tentunya setiap produk pasti mempunyai kompetitor atau saingan.

Ini bisa disimpulkan, 

Kompetitor konten pasti ada ratusan hingga ribuan di search engine Google. Contoh kecilnya seperti berikut :


1-5 adalah sedikit hasil penelusuran tentang "membuat artikel". Ini menunjukkan bahwa yang harus kita lakukan adalah menganalisa, mengamati dan kemudian membandingkan 5 konten di atas mana yang terbaik. 

Kemudian lakukan ini, 

Analisa kekuatan dan kelemahan masing-masing. Selanjutkan ciptakan produk (konten) baru yang lebih unggul dari kompetitor kita.

# Tren tentang topik konten

Mencari tren adalah riset yang juga harus kita lakukan. Tren apa yang sedang di cari oleh para calon pembaca konten kita. 

Tujuannya, 

Supaya kita bisa menemukan tren topik yang tepat dan dapat kita tuangkan ke blog kita. Contohnya mencari tren lewat tools Google Trends.



Ke-4 sub kategori di atas merupakan langkah dasar (awal) dalam membuat konten yang berkualitas. Sehingga diharapkan konten kita dapat bersaing di search engine Google nantinya.

2. Orisinalitas konten (no copy-paste)

Konten orisinil pastinya akan disukai Google maupun pembaca (pengunjung blog kita). 

Ingat, 

Menjiplak (copy-paste) konten orang lain bisa menyebabkan hukuman Google berupa penalty

Terus bagaimana membuat konten orisinil itu? 

Konten orisinil di buat dari ide kita untuk dituangkan ke blog dengan tulisan yang berbeda, lebih berbobot atau lebih unik dari konten yang sudah ada. 

Ini bisa jadi menunjukkan bahwa konten kita sekilas mirip dengan konten yang lain, apa yang membedakan :
⏩ Lebih komplit 
⏩ Penyajian tulisan yang mudah dimengerti dan tidak membosankan
⏩ Bernilai bagi pembaca konten (misal informasi baru, panduan, dll)
⏩ Jika ada link pendukung, link tersebut kredibel dengan apa yang dibahas
Faktor orisinil ini hanya sebagian dari membuat konten yang berkualitas, masih ada faktor lain yang perlu diperhatikan. 

OK, lanjut ke faktor ke-3 dibawah.

3. Memberikan solusi atau jawaban

Fungsi dari mesin pencari (search engine) adalah menampilkan jawaban atas apa yang di cari orang. 

Tentunya Google sangat mahir dalam hal ini. 

Ketika sobat mengetikkan pertanyaan di search engine pasti Google memberikan rekomendasi jawaban yang terbaik. Betul tidak?

Ini menunjukkan, 

Orang yang menggunakan search engine guna mencari informasi, pastinya ingin mendapatkan solusi atau jawaban atas apa yang mereka cari. 

Tugas kita sebagai penyampai informasi, 

Menyajikan konten yang dapat memberikan solusi atau jawaban atas pertanyaan mereka. Tentunya dengan konten yang mudah dimengerti dan memberikan informasi yang akurat. 

Bagaimana memberikan informasi yang akurat, lebih jelasnya di poin 5.

4. Buat judul (headline) yang kuat

Judul atau headline yang kuat adalah judul yang bisa menaikkan minat pembaca untuk meng-klik judul kita. Seperti kata-kata yang menghipnotis pembacanya. 

Kenapa judul sangat penting, 

Coba sobat perhatikan, ketika sobat mengetikkan sesuatu di search engine yang muncul dan menarik minat sobat pasti judulnya. 

Ini menunjukkan pengaruh psikologi pembaca terdapat pada judul (headline) konten.
" 80 % orang akan membaca judul konten, sedangkan hanya 20 % yang membaca keseluruhan isi konten "
Jadi, judul merupakan elemen penting dalam membuat konten berkualitas. Jika judulnya tidak menarik, maka sudah pasti konten kita tidak pernah akan di lirik oleh pembaca atau audience

Bagaimana strategi membuat judul tersebut? 

Kunjungi link ini : Strategi Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik Minat Pembaca

5. Akurat dalam memberikan informasi

Memberikan informasi yang akurat merupakan tanggung jawab bagi penyampai informasi. Karena jika ratusan orang membaca konten kita, maka sebagian besar mereka pasti ingin menerapkan atas apa yang mereka dapat dari konten kita. 

Ini berarti, 

Akurasi informasi yang kita berikan harus mempunyai sumber yang terpercaya, misal tautan ke sumber yang relevan, link antar halaman yang saling mendukung, menggunakan infografik, tabel dan lain sebagainya.

6. Komunikasi dengan gambar, video maupun audio

Ini merupakan langkah terakhir dalam membuat konten berkualitas yaitu menyertakan gambar, video maupun audio sebagai bentuk komunikasi selain tulisan. 

Tetapi harus diperhatikan, 

Gambar, video, maupun audio harus relevan dengan pembahasan. Gunakan gambar untuk mendukung tulisan dalam konten kita. Begitu pula berlaku pada video maupun audio. 

Catat, 

Untuk gambar harus original dari kita, jangan sampai kita terbentur lisensi penggunan gambar di blog. Jika sobat tidak mahir dalam desain gambar, ini solusinya :



Misal sobat akan cari dan ambil gambar di penelusuran Google. Lakukan langkah 1-4 secara berurutan, kemudian ambil atau download gambar yang di cari. Dengan cara ini, sobat bisa gunakan gambar itu ke blog tanpa ada masalah di kemudian hari. 

Atau bisa juga download free lisensi gambar lewat situs Pixabay.com.

Sekian artikel saya tentang tips bagaimana membuat konten berkualitas dengan metode ROMBAK. Sobat bisa terapkan di konten blog sobat jika sesuai dengan pandangan sobat. Terima kasih telah membaca artikel yang sederhana ini sampai akhir. Wassalam...

Senin, 14 Agustus 2017

Ingin Membuat Blog di Blogspot (GRATIS)? Ini Langkah-langkah Praktisnya (Untuk Pemula)


Selamat datang calon blogger yang budiman,

Di artikel ini saya akan menyajikan panduan atau cara membuat blog di platform blogspot (blogger.com), platform yang dimiliki oleh Google. Khususnya untuk pemula yang baru mau belajar ngeblog, panduan ini saya harap bisa sedikit membantu sobat untuk memulai membuat blog yang praktis.

Sebelumnya, apa sih blog itu?

Pengertian BLOG
Blog (Web Log) adalah  aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan, gambar maupun video pada halaman web (template blog). Dapat di akses oleh semua pengguna internet dengan tujuan menciptakan konten / artikel yang diinginkan.
Zaman sekarang ini, ketertarikan membuat blog seringkali muncul ketika kita berkunjung ke beberapa situs blog yang terkenal di Indonesia. Bagi yang awam tentang blog mungkin bertanya-tanya “bagaimana caranya membuat blog tersebut ya?”.

Pertanyaan sobat di atas akan segera terjawab disini,

Berikut, Langkah-langkah membuat blog di blogspot (gratis) untuk sobat yang baru belajar ingin membuat blog.

1. Pertama-tama buka situs blogger.com.

Kemudian klik CREATE YOUR BLOG untuk proses membuat blog baru.

 


2. Masukkan alamat email (gmail) sobat dan atur bahasa menjadi Indonesia. Jika sobat belum punya akun gmail dapat membuatnya terlebih dulu disini


3. Masukkan password akun gmail sobat dengan benar, lalu pilih BERIKUTNYA.


4. Sobat akan menemukan halaman profil, saya menyarankan pilih akun google+ karena sesuai dengan panduan ini, lalu klik tombol Buat Profil Google+.


5. Form profil akan secara otomatis terisi sesuai data sobat, jika ingin merubah nama, jenis kelamin atau tanggal lahir silahkan sobat ubah. Jika sudah selesai, lanjutkan dengan klik CREATE PROFILE.

6. Berikutnya sobat akan masuk ke halaman “Customize your avatar”, sobat dapat menambahkan foto jika diinginkan atau bisa juga menambahkan foto di lain waktu. Dalam panduan ini saya klik SKIP.


7. Profil google+ sudah berhasil di buat. Setelah itu klik Lanjutkan ke Blogger.


8. Langkah selanjutnya pilih tombol BUAT BLOG BARU.

9. Sobat akan melihat tampilan seperti gambar di bawah.


  • JUDUL : Isi dengan judul blog sesuai dengan keinginan sobat, di panduan ini berjudul CATATAN SI BLOGGER.
  • ALAMAT : Isi dengan alamat url yang sobat kehendaki, seperti contoh gambar di atas, contohalamatblogsaja. Misal nama-url-sobat.blogspot.com. Jika ada tanda centang berarti alamat url tersebut tersedia.
  • TEMA : Pilih tema (template) yang sobat sukai.
  • Jika sudah selesai, klik Buat blog.
10. Selamat, blog sobat telah berhasil di buat.

Tapi tunggu dulu, blog sobat belum sepenuhnya selesai, lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu menulis konten / artikel di blog.

Silahkan sobat klik tombol Entri baru, sehingga sobat akan di bawa ke tampilan seperti berikut ini.

Keterangan gambar :
Nomor 1. Judul konten / artikel sobat.
Nomor 2. Deretan tombol yang berfungsi untuk mempublikasikan blog, menyimpan, pratinjau dan menutup / cancel.
Nomor 3. Terdapat 2 metode penulisan konten blog, yaitu Compose dan HTML. Tetap pilih Compose, jika sobat masih awam dengan metode HTML.
Nomor 4. Menu formatting toolbar yang digunakan untuk pengolahan teks konten / artikel. Fungsi tools ini tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word.
Nomor 5. Beberapa menu pengaturan pada konten sobat, seperti memberikan label, jadwal, tautan permanen dan lain-lain.
Nomor 6. Isi konten / artikel sobat.

Contoh konten :


Buat konten / artikel pertama kali sobat sesuai dengan panduan di atas. Usahakan mem-publish saat itu juga setelah sobat menulis konten / artikel tersebut. Biar blog sobat tidak di anggap spam oleh Google. Klik tombol Publikasikan, proses membuat blog telah selesai.

Mudah kan!!!, SEMOGA MEMBANTU...

Baca panduan lainnya : 


Minggu, 13 Agustus 2017

Mengenal Lebih Jauh 8 Menu Google Search Console, Apa Sajakah Itu?


Di artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana mendaftarkan dan verifikasi blog ke Google Search Console (GSC). Jika sobat belum mendaftarkan dan verifikasi, silahkan sobat daftarkan dan verifikasi terlebih dahulu blog sobat.

Menginjak ke pembahasan kali ini, kita akan mengupas lebih jauh fitur-fitur yang ada di GSC. Ada 8 menu yang akan kita bahas. Tampilannya seperti gambar di bawah :




Mari kita mulai,

1. Dashboard

Di menu Dashboard ini kita akan menemukan rangkuman statistik situs kita, seperti Crawl errors (Kesalahan Perayapan), Search Analytics (Telusur Analytics), dan Sitemap (Peta Situs).



2. Messages (Pesan)

Di menu ini jika ada pemberitahuan atau isu-isu penting terkait dengan situs kita maka akan diberitahukan disini.



3. Search Appearance (Tampilan Penelusuran)

Menu yang ini berkaitan dengan bagaimana situs kita tampil di penelusuran Google.


Ada 5 sub-menu, diantaranya :

Structured Data (Data Tersturktur)
Structured Data membantu Google memahami konten di situs kita, yang dapat digunakan untuk menampilkan fitur-fitur user friendly situs di hasil penelusuran. Jika ada halaman dengan data terstuktur yang error, maka akan di tampilkan disini. Biasanya fitur ini digunakan oleh web-web besar.

Rich Cards (Kartu Rich)
Hampir sama dengan Structured Data,

Rich Cards membantu memperbaiki kesalahan dalam data terstruktur yang ditemukan Google di situs kita. Rich Cards juga dapat membantu mengarahkan penelusuran ke situs kita dengan tampilan yang lebih variatif.

Data Highlighter (Penyorot Data)
Hampir sama dengan 2 Sub-menu diatas,

Fungsi dari Data Highligter adalah untuk mempermudah situs kita tampil menarik di search engine seperti memberi tag pada halaman. Jika situs kita tidak mempunyai Structured Data seperti reviews, event atau local bussines listings, maka kita tidak perlu mengatur fitur ini.

HTML Improvements (Penyempurnaan HTML)
HTML Improvement memperlihatkan masalah-masalah bagaimana situs kita dirayapi oleh robot Google dan Indexing. Seperti pada judul (title), meta description dan konten yang tidak terindeks.

Accelerated Mobile Pages (Laman Seluler yang Dipercepat)
Fitur Accelerated Mobile Pages ini mempunyai fungsi untuk mempercepat dan meringankan akses situs kita ke perangkat ponsel.

4. Search Traffic (Lalu Lintas Penelusuran)

Menu ini berkaitan langsung dengan situs kita, mulai dari traffic, backlink, internal link, dan sebagainya.


Ada 6 sub-menu, diantaranya :

Search Analytics (Telusur Analytics)
Sub-menu ini merupakan salah satu yang paling penting dan sering digunakan untuk melihat data statistik kunjungan (traffic) yang masuk ke situs kita. Dari mulai Clicks (Jumlah Klik), Impressions (Jumlah Tayangan), CTR (Click Through Rate), hingga Position (Posisi Situs).

Links to Your Site (Tautan ke Situs Anda)
Sub-menu ini menampilkan data backlink ke situs kita.

Internal Links (Tautan Internal)
Sub-menu ini menampilkan data internal link kita (link antar halaman situs).

Manual Actions (Tindakan Manual)
Sub-menu ini sebaiknya selalu kosong. Karena jika ada peringatan tindakan manual disini, berarti situs kita terindikasi webspam dan harus siap pembersihannya supaya situs kita terhindar dari penalty Google.

International Targeting (Penargetan Internasional)
Sub-menu ini digunakan untuk penargetan pengunjung berdasarkan bahasa dan negara. Kita bisa mengatur penargetan negara berdasarkan target yang diinginkan.

Mobile Usability (Kebergunaan Seluler)
Sub-menu ini menampilkan halaman situs kita yang belum mobile friendly disertai dengan permasalahannya. Seperti Elemen yang berdekatan satu sama lain, teks terlalu kecil, konten lebih lebar dari layar, dan sebagainya.

5. Google Index (Google Indeks)

Google Index menampilkan data-data hasil perayapan robot Google dan indexing di situs kita.


Ada 3 sub-menu, diantaranya :

Index Status (Status Indeks)
Sub-menu ini menampilkan jumlah halaman-halaman yang sudah di indeks oleh Google. Disini kita juga bisa melihat halaman yang di cekal oleh robot Google.

Blocked Resources (Sumber Daya yang Diblokir)
Sub-menu ini menampilkan sumber daya yang di blokir oleh robot.txt, seperti javascript, CSS, JQuery, File Image dan sebagainya. Usahakan jangan memblokir akses resources di situs kita agar robot Google mudah untuk melakukan penelusuran dan indexing.

Remove URLs (Hapus URL)
Sub-menu ini digunakan untuk menghapus halaman di situs kita dari indeks Google.

6. Crawl (Perayapan)

Menu ini menampilkan segala hal tentang perayapan (crawl) yang dilakukan oleh robot Google ke situs kita.


Ada 6 sub-menu, diantaranya :

Crawl Errors (Kesalahan Perayapan)
Sub-menu ini memberitahukan dan menampilkan data kesalahan yang terjadi terhadap situs kita oleh robot Google dalam 90 hari terakhir. Seperti kesalahan DNS, konektifitas server, pengambilan robot.txt, halaman error 404, dan sebagainya.

Crawl Stats (Statistik Perayapan)
Sub-menu ini menampilkan statistik perayapan, mulai dari halaman, data yang di unduh, hingga waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh halaman tersebut.

Fletch as Google (Ambil sebagai Google)
Sub-menu ini di gunakan untuk indexing halaman situs supaya cepat dirayapi oleh robot Google. Fletch as Google ini juga men-simulasikan perayapan dan eksekusi render seperti yang dilakukan pada proses perayapan dan rendering normal Google serta berguna untuk debugging masalah perayapan di situs kita.

Fletch as Google secara umum biasa digunakan untuk optimasi SEO.

Robot.txt Tester (Penguji Robot.txt)
Sub-menu ini digunakan untuk mendeteksi apakah file robot.txt di situs kita sudah benar dan tidak memblokir halaman yang penting.

Sitemaps (Peta Situs)
Sub-menu ini digunakan untuk mengirim peta situs agar robot Google lebih mudah menemukan halaman-halaman baru di situs kita.

URL Parameters (Parameter URL)
Gunakan fitur ini hanya jika kita yakin bagaimana parameter URL itu bekerja. Kesalahan URL bisa mengakibatkan banyak halaman situs menghilang dan terhapus dari penelusuran.

Jika tidak menguasai bahasa pemrograman, sebaiknya jangan mengubah apapun di sub-menu ini. 

7. Security Issues (Masalah Keamanan)

Security Issues merupakan fitur keamanan dari adanya malware, script-script mencurigakan hingga yang di retas (hacking). Jika masalah itu ada, biasanya pemberitahuannya di menu ini.

8. Web Tools (Alat-alat Website)

Merupakan menu terakhir di GSC, fungsinya untuk lebih mengoptimalkan situs kita. Ada macam-macam tools seperti Ad Experience Report, Testing Tools, Other Resources dan kembali ke Search Console. Bisa dipelajari dengan meng-klik masing-masing menunya.



Sekian pembahasan tentang 8 menu di GSC. Semoga Bermanfaat...