Jumat, 18 Agustus 2017

Cara Membuat Konten Berkualitas dengan Metode ROMBAK

Konten merupakan hal yang penting untuk blog kita, dimana konten yang berkualitas pasti selalu di cari oleh pencari informasi (pembaca). 

Ini menunjukkan,

Membuat konten berkualitas itu adalah tanggung jawab menyajikan tulisan (artikel) yang terbaik. Dan patut disadari itu memang sulit, membutuhkan waktu dan pastinya membuang energi.

Di artikel-artikel sebelumnya saya banyak menyinggung tentang konten yang berkualitas. Maka di artikel ini, saya khususkan ingin mengupas secara lebih dalam bagaimana membuat konten yang berkualitas itu.

Mari kita mulai,

Membuat konten yang berkualitas dan menarik memang sebuah pilihan. Sobat-pun bisa memilih antara membuat konten yang berkualitas atau biasa saja. Itu merupakan pilihan masing-masing. 

Lantas apakah membuat konten biasa saja merupakan pilihan sobat. Menurut saya bukan, jika sobat berkeinginan terus membaca artikel ini sampai akhir. 

Kalau di tanya, apakah saya sudah menerapkan konten berkualitas itu?
Saya-pun sebenarnya juga masih belajar,
" Mari kita sama-sama belajar untuk membuat konten yang berkualitas dan bukan hanya sekedar originalitas "
Anggaplah menulis konten itu sulit dan kita bukan expert di bidangnya, tetapi sekarang ini sudah banyak berbagai macam referensi dari berbagai sumber yang bisa kita manfaatkan.

Contohnya dalam artikel ini, saya mencari bermacam referensi yang menurut saya sangat berguna untuk sobat dan tentunya bagi saya pribadi yaitu membuat konten berkualitas dengan metode ROMBAK. 

Metode yang bagaimana itu?

1. Riset dasar tentang konten
2. Orisinalitas konten (no copy-paste)
3. Memberikan solusi atau jawaban
4. Buat judul (headline) yang kuat
5. Akurat dalam memberikan informasi
6. Komunikasi dengan gambar, video maupun audio

Mari kita bahas satu-persatu,

1. Riset dasar tentang konten

Ada beberapa riset dasar yang harus kita lakukan, disini saya membaginya dengan 4 sub kategori :

# Riset kata kunci tentang konten

Sebelum kita membuat konten yang berkualitas, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencari kata kunci (keyword) tentang topik konten blog kita. 

Dalam hal ini Google telah menyediakan tools yang sangat cerdas yaitu Google Keyword Planner dan Google Suggest Keyword Tool. Silahkan sobat bisa manfaatkan tools tersebut untuk mencari keyword tentang topik yang banyak diminati oleh pembaca. 

Jika sobat bingung dengan kedua tools diatas, saya mempunyai rekomendasi tools yang lumayan mudah untuk digunakan yaitu ubersuggest.io


Silahkan sobat ketikkan topik apa yang ingin di cari, dalam contoh gambar di atas misalnya tentang "menulus artikel". Maka selanjutnya akan muncul bermacam-macam keyword seperti di bawah :


Pilih salah satu kata kunci (keyword) topik yang ingin dikembangkan, sampai disini kita sudah menemukan ide kata kunci topik konten yang bisa kita aplikasikan ke blog.

# Target audience atau pembaca konten

Penentuan target pembaca merupakan langkah selanjutnya yang harus kita lakukan. 

Apa yang mendasari pemikiran itu? 

Ini kaitannya kepada oleh siapa konten kita dibaca. Seperti contohnya di artikel ini, tentunya target pembacanya adalah orang-orang yang ingin belajar ngeblog seperti saya. Konten tentang otomotif, tentunya targetnya juga orang-orang yang suka otomotif.

Benar tidak? 

Jadi untuk menulis konten harus didasari oleh aspek siapa pembacanya. Bagaimana kita menuangkan tulisan tersebut, apakah tulisan yang santai, serius atau dibumbui dengan candaan dan lain-lain. 

Misal untuk mengetahui pembaca berdasarkan usia, sobat bisa menggunakan tools Google Analytic.
Berdasarkan data analytic di atas, peminat konten kita antara umur 25-34 tahun. Maka tentukanlah gaya tulisan yang pas untuk konten tersebut.

# Kompetitor konten

Andaikan konten sobat adalah produk, tentunya setiap produk pasti mempunyai kompetitor atau saingan.

Ini bisa disimpulkan, 

Kompetitor konten pasti ada ratusan hingga ribuan di search engine Google. Contoh kecilnya seperti berikut :


1-5 adalah sedikit hasil penelusuran tentang "membuat artikel". Ini menunjukkan bahwa yang harus kita lakukan adalah menganalisa, mengamati dan kemudian membandingkan 5 konten di atas mana yang terbaik. 

Kemudian lakukan ini, 

Analisa kekuatan dan kelemahan masing-masing. Selanjutkan ciptakan produk (konten) baru yang lebih unggul dari kompetitor kita.

# Tren tentang topik konten

Mencari tren adalah riset yang juga harus kita lakukan. Tren apa yang sedang di cari oleh para calon pembaca konten kita. 

Tujuannya, 

Supaya kita bisa menemukan tren topik yang tepat dan dapat kita tuangkan ke blog kita. Contohnya mencari tren lewat tools Google Trends.



Ke-4 sub kategori di atas merupakan langkah dasar (awal) dalam membuat konten yang berkualitas. Sehingga diharapkan konten kita dapat bersaing di search engine Google nantinya.

2. Orisinalitas konten (no copy-paste)

Konten orisinil pastinya akan disukai Google maupun pembaca (pengunjung blog kita). 

Ingat, 

Menjiplak (copy-paste) konten orang lain bisa menyebabkan hukuman Google berupa penalty

Terus bagaimana membuat konten orisinil itu? 

Konten orisinil di buat dari ide kita untuk dituangkan ke blog dengan tulisan yang berbeda, lebih berbobot atau lebih unik dari konten yang sudah ada. 

Ini bisa jadi menunjukkan bahwa konten kita sekilas mirip dengan konten yang lain, apa yang membedakan :
⏩ Lebih komplit 
⏩ Penyajian tulisan yang mudah dimengerti dan tidak membosankan
⏩ Bernilai bagi pembaca konten (misal informasi baru, panduan, dll)
⏩ Jika ada link pendukung, link tersebut kredibel dengan apa yang dibahas
Faktor orisinil ini hanya sebagian dari membuat konten yang berkualitas, masih ada faktor lain yang perlu diperhatikan. 

OK, lanjut ke faktor ke-3 dibawah.

3. Memberikan solusi atau jawaban

Fungsi dari mesin pencari (search engine) adalah menampilkan jawaban atas apa yang di cari orang. 

Tentunya Google sangat mahir dalam hal ini. 

Ketika sobat mengetikkan pertanyaan di search engine pasti Google memberikan rekomendasi jawaban yang terbaik. Betul tidak?

Ini menunjukkan, 

Orang yang menggunakan search engine guna mencari informasi, pastinya ingin mendapatkan solusi atau jawaban atas apa yang mereka cari. 

Tugas kita sebagai penyampai informasi, 

Menyajikan konten yang dapat memberikan solusi atau jawaban atas pertanyaan mereka. Tentunya dengan konten yang mudah dimengerti dan memberikan informasi yang akurat. 

Bagaimana memberikan informasi yang akurat, lebih jelasnya di poin 5.

4. Buat judul (headline) yang kuat

Judul atau headline yang kuat adalah judul yang bisa menaikkan minat pembaca untuk meng-klik judul kita. Seperti kata-kata yang menghipnotis pembacanya. 

Kenapa judul sangat penting, 

Coba sobat perhatikan, ketika sobat mengetikkan sesuatu di search engine yang muncul dan menarik minat sobat pasti judulnya. 

Ini menunjukkan pengaruh psikologi pembaca terdapat pada judul (headline) konten.
" 80 % orang akan membaca judul konten, sedangkan hanya 20 % yang membaca keseluruhan isi konten "
Jadi, judul merupakan elemen penting dalam membuat konten berkualitas. Jika judulnya tidak menarik, maka sudah pasti konten kita tidak pernah akan di lirik oleh pembaca atau audience

Bagaimana strategi membuat judul tersebut? 

Kunjungi link ini : Strategi Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik Minat Pembaca

5. Akurat dalam memberikan informasi

Memberikan informasi yang akurat merupakan tanggung jawab bagi penyampai informasi. Karena jika ratusan orang membaca konten kita, maka sebagian besar mereka pasti ingin menerapkan atas apa yang mereka dapat dari konten kita. 

Ini berarti, 

Akurasi informasi yang kita berikan harus mempunyai sumber yang terpercaya, misal tautan ke sumber yang relevan, link antar halaman yang saling mendukung, menggunakan infografik, tabel dan lain sebagainya.

6. Komunikasi dengan gambar, video maupun audio

Ini merupakan langkah terakhir dalam membuat konten berkualitas yaitu menyertakan gambar, video maupun audio sebagai bentuk komunikasi selain tulisan. 

Tetapi harus diperhatikan, 

Gambar, video, maupun audio harus relevan dengan pembahasan. Gunakan gambar untuk mendukung tulisan dalam konten kita. Begitu pula berlaku pada video maupun audio. 

Catat, 

Untuk gambar harus original dari kita, jangan sampai kita terbentur lisensi penggunan gambar di blog. Jika sobat tidak mahir dalam desain gambar, ini solusinya :



Misal sobat akan cari dan ambil gambar di penelusuran Google. Lakukan langkah 1-4 secara berurutan, kemudian ambil atau download gambar yang di cari. Dengan cara ini, sobat bisa gunakan gambar itu ke blog tanpa ada masalah di kemudian hari. 

Atau bisa juga download free lisensi gambar lewat situs Pixabay.com.

Sekian artikel saya tentang tips bagaimana membuat konten berkualitas dengan metode ROMBAK. Sobat bisa terapkan di konten blog sobat jika sesuai dengan pandangan sobat. Terima kasih telah membaca artikel yang sederhana ini sampai akhir. Wassalam...