Senin, 21 Agustus 2017

Cara Praktis Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster Tools


Selama ini, kita hanya familiar dengan Google sebagai search engine yang kita gunakan. Akan tetapi selain dari search engine Google, Microsoft juga mempunyai search engine bernama Bing.

Dalam hal ini, tools untuk pengelolaan blog dari Microsoft yaitu bernama Bing Webmaster Tools (BWT).

Pentingkah mendaftarkan blog ke BWT?

Untuk hal itu, sebenarnya tidak ada salahnya kita mendaftarkan blog ke BWT. Kalau di tanya penting atau tidaknya, tentunya sudah jelas sangat penting bagi blog kita supaya lebih di kenal orang dan meningkatkan traffic pengunjung dari berbagai search engine.

Selain search engine Bing sebenarnya ada lagi search engine yang lainnya. Khusus untuk pembahasan artikel saya kali ini, saya khususkan untuk membahas dan mempelajari BWT. Untuk search engine yang lain, saya akan berusaha kupas di panduan artikel selanjutnya.

Ok, kita lanjutkan,

Untuk mendaftarkan blog kita ke BWT, kita harus mempunyai akun di Microsoft terlebih dahulu. Jika sobat belum punya akun-nya, silahkan mendafarkan dengan mengikuti panduan di bawah.

1. Daftar akun Microsoft : Klik disini


2. Masukkan email dan buat password sesuai keinginan sobat, kemudian tekan Next.
3. Ketikkan Nama sobat, klik Next.
4. Selanjutnya pilih Negara dan tanggal lahir sobat. Jika sudah tekan Next.
5. Berikutnya sobat akan di minta memasukkan kode untuk keamanan yang di kirim ke email sobat, Lihat email sobat dan masukkan kodenya. klik Next.

6. Keamanan kedua yaitu konfirmasi nomor telepon sobat, masukkan kode telepon sesuai Negara, contoh seperti gambar di atas, kemudian klik Send code. Sobat akan menerima pesan dari Microsoft di handphone sobat, masukkan kode tersebut. Jika sudah klik Next.

7. Sampai disini sobat telah berhasil mendaftarkan akun sobat di Microsoft.


Untuk langkah selanjutnya yaitu mendaftarkan blog kita ke BWT (khusus untuk akun Blogger.com). Silahkan sobat ikuti panduan berikut.

8. Kunjungi situs Bing Webmaster Tools.

9. Masukkan alamat url sobat yang ingin didaftarkan, jika sudah klik ADD.

10. Langkah selanjutnya silahkan sobat lihat gambar di atas, ikuti petunjuk 1-3.

11. Berikutnya scroll ke bawah dan ikuti petunjuk seperti gambar. Untuk Company or organization Name dan Company or organization size bisa sobat isi dengan nama perusahaan dan ukuran perusahaan sobat. Jika tidak ada, ketikkan “none”.

12. Scroll ke bawah lagi, ikuti petunjuk seperti gambar. Jika sudah klik SAVE.


13. Tunggu sesaat, sobat akan diarahkan ke halaman verifikasi. Pilih Option 2 dan copy kode yang ada di dalam kotak.

14. Masuk ke akun blogger sobat. Pilih Tema (Template) > Edit HTML. Selanjutnya Paste-kan kode yang sobat copy sebelumnya tepat di bawah kode HTML <head>. Jelasnya silahkan lihat gambar. Jika sudah klik Simpan tema.

15. Kembali ke halaman verifikasi BWT dan klik VERIFY. Tunggu beberapa saat hingga proses verifikasi berhasil. Biasanya statusnya masih pending, dikarenakan blog kita masih dalam proses crawl oleh robot Bing.



Catatan : Dengan mendaftarkan blog ke Bing Webmaster Tools, secara otomatis selain search engine Bing, blog kita juga bisa di akses oleh search engine Yahoo.
Sampai disini panduan dari saya. Semoga Membantu...