Kamis, 03 Agustus 2017

Belajar Blogging untuk Pemula


Blogging, apa itu?

Yang pasti bukan sebuah hal yang asing lagi di telinga sobat semua. Dan anak SD barangkali sudah mengenal apa itu blogging.

Perkembangan teknologi sekarang ini sudah berkembang luar biasa. Informasi menjadi sebuah kebutuhan bagi semua orang. Dan internet sudah menjadi wadah informasi dan basis perkembangan peradaban yang semakin maju.

Kita mengetahui berbagai informasi melalui blog. Seperti contohnya detik.com, kompas.com (ini termasuk blog dalam portal berita), belum lagi tentang social networking seperti facebook, twitter, intstagram, dll. Maka dapat disimpulkan pada dasar / prinsipnya blogging adalah sama halnya sobat membuat status pribadi, pengalaman atau hobi yang ditulis dalam sebuah tulisan yang terstruktur (artikel).

Menulis adalah hal utama dalam blogging. Bagi blogger pemula, mempunyai bakat menulis menjadi dasar pemikiran mereka yang harus bisa dikuasai. Tetapi pada dasarnya menulis adalah hanya tentang kebiasaan. Tidak harus mempunyai basic penulis untuk memulai ngeblog dan tidak harus menjadi master dulu untuk memulai menulis. Yang terpenting dalam blogging adalah niat dan mau belajar.

Dan 1 lagi, apakah sobat bisa membaca?

Tentunya saya yakin bisa. Karena untuk ngeblog diperlukan harus banyak membaca, karena dengan banyak membaca sobat akan mempunyai banyak referensi pengetahuan tentang bagaimana menulis di blog, yang mungkin akan jadi ide yang bisa sobat realisasikan di blog sobat nantinya. 

Pertanyaannya adalah bagaimana memulai blogging?

Pertama : Niat serius, membuat blog asal-asalan bisa saja. Tetapi apakah itu standart yang sobat inginkan. Tentunya menulis blog harus punya image yang jelas.

Kedua : Tentukan topik yang di bahas, topik bisa banyak macamnya dari mulai seperti yang saya tulis ini yaitu blogging, teknologi, bisnis online, kesehatan, kuliner, travelling, dll. Usahakan fokus pada satu topik saja, jangan banyak topik yang di bahas. Bisa bingung pengunjung / pembaca blog sobat.

Ketiga : Tujuan atau orientasi blog, menentukan tujuan blog adalah hal yang harus di pikirkan. Apakah blog tersebut tujuannya hanya sekedar menyampaikan informasi tertentu ataukah untuk tujuan mendapatkan keuntungan dari ngeblog. Harus jelas disini, karena yang pasti sasaran artikel atau konten sobat akan berbeda bobot nantinya.

Keempat : Platform blog yang dipakai, kebanyakan blogger pemula menggunakan platform dari blogger.com (blogspot), dikarenakan platform ini bisa dibilang sangat mudah dipelajari dan gratis. Selain dari blogger.com ada lagi wordpress.com (gratis juga), wordpress.org (bayar alias tidak gratis), dll. Jika sobat ingin belajar, sudah banyak blog di internet yang membahas tentang bagaimana membuat blog lewat blogger.com atau wordpress.com. Silahkan sobat pelajari dan praktekkan. Atau kunjungi panduan saya, cara membuat blog di blogspot.

Kelima : Memulai ngeblog, setelah sedikit mengetahui tentang bagaimana ngeblog itu dari tulisan ini, tentunya sudah bisa menjadi sedikit gambaran sobat tentang ngeblog. Silahkan sobat aplikasikan.

SELAMAT MENCOBA DAN TERUS BELAJAR