Dalam mengaplikasikan topik atau niche ke dalam blog tentunya harus dipikirkan secara matang. Karena topik atau niche ini yang nantinya berpengaruh terhadap kesuksesan blog sobat.
Perhatikan 2 kesalahan memilih topik atau niche berikut :
- Kalau sobat salah memilih topik atau niche, kemungkinan blog sobat sukses sangatlah kecil
- Kesalahan memilih topik atau niche akan berakibat konten tidak maksimal karena terasa berat dan sobat malas membuat konten berkualitas
Jadi harus dipahami,
Menuangkan topik atau niche blog memang diperlukan
keseriusan. Karena ini berperan penting terhadap ketertarikan audience terhadap
blog sobat.
Apa yang harus dilakukan?
Berikut 7 syarat topik atau niche yang berpeluang sukses :
1. Niche sesuai dengan minat/kesenangan/hobi
Erat kaitannya topik atau niche yang kita tuangkan ke dalam
blog awalnya dari ketertarikan terhadap sesuatu yang baru atau bisa juga dari review
blog orang lain. Tetapi harus disadari, ketertarikan terhadap membuat website
atau blog, harus dengan spesialisasi atau minat kita. Ini berpengaruh terhadap topik
atau niche yang tepat dan terstruktur.
Langkah yang harus di ambil,
Pertama, sebelum membuat blog tentukan dulu topik atau niche
sobat, minat yang bisa dikembangkan dan mempunyai nilai lebih serta mempunyai
topik pembahasan yang luas.
Kedua, sebisa mungkin setelah topik atau niche terbentuk
buatlah konten blog yang berkualitas. Kalau memang sobat mampu, buat konten
yang bukan sekedar berkualitas tetapi unggulan. Ini tidak mudah, tapi patut
sobat coba terus-menerus hingga berhasil.
Sekarang, tugasnya :
Abaikan dulu potensi kesuksesan dari blog sobat, terlebih
dulu cari topik atau niche dari minat sobat. Caranya, jawab pertanyaan di bawah
:
- Apa rutinitas keseharian sobat atau rutinitas orang lain yang sering dilakukan?
- Apa kegiatan yang membuat sobat tidak cepat bosan?
- Sesuatu hal apa yang muncul dari bertahun-tahun yang lalu dan tidak termakan waktu?
Setelah menemukan jawabannya,
Saring niche-niche tersebut yang sesuai dengan minat sobat.
Buat struktur untuk menuangkan tulisan ke dalam blog. ACTION..
2. Kemampuan relatif menulis topik atau niche
Ketika sobat memutuskan menjadi blogger, konsekuensi dari blog
sobat tentunya akan menjadi pusat informasi dan pengetahuan bagi pembaca atau audience.
Sekarang bayangkan,
Jika blog sobat tidak lebih baik dari blog-blog yang lain, maka
sudah barang tentu blog sobat akan ditinggalkan pembaca atau audience. Terus
apa gunanya kita membuat blog?
Jadi, konsekuensi kita membuat blog,
Kita harus mempunyai keahlian atau kemampuan, tapi tidak
harus menjadi pakar atau master. Yang terpenting kemampuan kita lebih dari
pengetahuan orang awam pada umumnya. Makanya di poin subbab ini disebut kemampuan
relatif.
Gambarannya :
3. Ikuti tren untuk menentukan topik atau niche
Gambarannya :
Kemampuan pakar 100%, kemampuan awam 0%, sedangkan kita hanya
perlu kemampuan 40%, itu sudah OK.
Dengan berjalannya waktu, kemampuan sobat akan terus terasah
dengan seringnya sobat membuat atau menulis topik atau niche blog.
3. Ikuti tren untuk menentukan topik atau niche
Mengikuti tren dari blog lain untuk kita jadikan referensi,
boleh-boleh saja. Asalkan punya kemasan topik atau niche blog yang berbeda dan
lebih unik.
Masalahnya,
Mampukah niche blog kita lebih baik dari niche yang telah lebih
dulu ada, tentunya masih perlu dipertanyakan.
Mari kita bahas,
Tren eBook di Indonesia terjadi sekitar tahun 2011, menjadi
populer hingga sekarang. Tidak sedikit blogger menjadikan tren ini sebagai
topik ngeblog mereka bahkan dijadikan untuk ladang mendulang rupiah.
Sobat tentu tahu selfie, tren handphone canggih berkamera
depan hingga tongkat narsisnya. Populer di Indonesia sekitar tahun 2012,
membuat orang tertarik akan tren tersebut untuk topik blog mereka. Hingga sekarang
muncul drone selfie.
Toko online, booming sekitar tahun 2013. Sekarang sudah
menguasai pangsa pasar di Indonesia, mengalahkan toko offline.
Tugas sobat sekarang,
Cari tren yang saat ini sedang naik daun dan kemungkinan bisa
populer di tahun-tahun yang akan datang. Tentunya sesuai dengan bidang
topik yang sobat minati dan ikuti perkembangannya.
Memang tidak mudah, tapi yakinlah dengan kemauan dan
kemampuan sobat, pasti suatu saat akan menemukan niche atau topik yang sobat
inginkan.
4. Gunakan "tabel pengambilan keputusan"
Tugas sobat,
Buat 10 kriteria niche yang paling sobat minati seperti contoh tabel, tidak harus sama persis, bisa sobat buat sesuai dengan kriteria sobat sendiri. Di kolom kedua paling atas yaitu minat, kemampuan, potensi bisnis dan selanjutnya, terdapat bobot skor dibawahnya, usahakan ini tidak di ubah.
Buat 10 kriteria niche yang paling sobat minati seperti contoh tabel, tidak harus sama persis, bisa sobat buat sesuai dengan kriteria sobat sendiri. Di kolom kedua paling atas yaitu minat, kemampuan, potensi bisnis dan selanjutnya, terdapat bobot skor dibawahnya, usahakan ini tidak di ubah.
Dari sini tentunya sobat sudah paham,
Untuk proses selanjutnya, perhatikan gambaran dibawah.
Contoh :
Kriteria BISNIS ONLINE mempunyai skor 8, kemudian Minat punya
bobot skor 8. Maka BISNIS ONLINE (8) X Minat (8) = 64, begitu seterusnya ke
kolom selanjunya hingga ketemu total skor yaitu 351.
Cari total skor yang paling besar dari 10 kriteria niche
tersebut, artinya skor yang paling besar merupakan niche terbaik yang paling
sobat minati.
5. Melakukan diferensiasi niche
Apa itu diferensiasi,
Diferensiasi adalah strategi untuk menjadi lebih menonjol
daripada pesaing lain dengan cara menjadikan blog sobat berbeda. Tujuannya
supaya audience punya alasan yang kuat untuk memilih blog sobat, bukan yang
lain.
Disini dapat dipahami,
Diferensiasi dalam blog ke blog itu wajar, selama tidak 100%
meng-copy paste blog lain kemudian menambahi dengan sedikit perbedaan. Niche
yang sama antara blog satu dengan lainnya merupakan kompetisi meraih pasar
masing-masing. Itu menandakan niche tersebut memang populer pada saat itu.
6. Cakupan topik atau niche yang luas
Usahakan dalam memilih topik atau niche mempunyai cakupan
yang luas. Tujuannya agar niche tersebut bisa dikembangkan kontennya.
Seperti apa?
Sebagai contoh, sobat memilih niche tentang Wisata. Maka di
dalam pengembangan niche-nya tentu memiliki banyak subbab-subbab yang bisa
sobat kembangkan. Dari mulai sejarah, akses, biaya transport, penginapan atau
hotel terdekat, oleh-oleh yang khas dan lain sebagainya.
7. Topik atau niche yang bisa menjadi peluang bisnis
Banyak niche atau topik blog yang bisa dijadikan peluang
bisnis.
Eits, tapi tunggu dulu,
Peluang bisnis seperti apa?
Pengalaman saya, awal saya ngeblog terdorong oleh rasa
penasaran saya terhadap tawaran peluang bisnis yang ada di internet. Banyak
blog yang menawarkan bisnis di internet, tapi sebagian besar tidak sesuai
dengan harapan. Gembar-gembor penghasilan besar, malah buntung tiada hasil. Itu
karena kurangnya pengetahuan saya pada saat itu.
Tentunya sobat tidak mau seperti saya,
Mencari topik atau niche blog yang bisa dijadikan bisnis
sangatlah banyak (lihat poin 4 di atas). Hanya saja perlu di garis bawahi,
untuk meraih hasil dari blog kita memang memerlukan proses. Intinya, cari niche
blog sesuai keinginan sobat. Selanjutnya cepat atau lambat sobat akan mengerti
cara menghasilhan uang lewat blog.
Itu saja sedikit tips dari saya. SEMOGA BERMANFAAT...