Istilah di atas merupakan gambaran bahwa sebuah judul memang
mempunyai daya tarik yang luar biasa bagi sebuah artikel blog terhadap
pembacanya.
Ini faktanya,
Ø 8 dari 10 orang rata-rata hanya membaca judul artikel blog
Ø Sedangkan 2 dari 10 orang tersebut membaca sisanya yaitu isi artikel blog
Ini sebuah gambaran rahasia kekuatan judul pada artikel
blog. Kenapa kesuksesan sebuah artikel blog ditentukan dari efektifnya sebuah
judul (headline), karena judul
mempunyai kekuatan magnet yang besar untuk mempengaruhi psikologi orang (Headline is the Magnetic Power).
Gambarannya,
Ketika orang melakukan pencarian di penelusuran atau search engine, maka orang tersebut sudah
pasti mencari informasi tentang apa yang sedang di cari. Apa yang di lihat
pertama, apa yang di baca pertama, apa yang mereka klik, pastinya adalah JUDUL.
Ini membuktikan,
Jika judul tersebut mempunyai struktur seperti apa yang
saya jelaskan di atas, sudah pasti orang tersebut akan sekaligus membaca
isinya. Ini yang kita sebut 80 % fokus di judul, sedangkan 20 %-nya mengikuti.
Sobat tentunya sudah paham dari sini,
Sekarang yang jadi pertanyaan bagaimana membuat judul
yang menarik minat pembaca. Strategi-strategi apa yang harus kita lakukan?
Sebelumnya perhatikan contoh judul di bawah,
o Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat
Atau,
o 5 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dalam 1 Malam
Judul mana yang kira-kira sobat pilih?
Tentunya pasti judul yang ke-2.
Pada dasarnya isi artikelnya bisa dipastikan hampir sama,
namun jika kita di suruh memilih dari ke-2 judul tersebut, sudah bisa di tebak
pasti kita akan memilih judul yang kedua. Kenapa?
Ini alasan dan analisanya,
Judul pertama hanya menggambarkan bagaimana cara menghilangkan
jerawat, kita tidak dijanjikan hasilnya seperti apa.
Sedangkan,
Judul kedua mempunyai struktur yang lebih spesifik, beberapa
cara menghilangkan jerawat dan dijanjikan hasilnya sekaligus dari cara
tersebut.
Sudah jelas tentunya dari sini.
Kembali ke pembahasan, bagaimana strategi membuat judul
yang menarik minat pembaca. Berikut, ada 5 strategi membuat judul artikel blog
yang bisa kita lakukan.
1. Membuat
pembaca penasaran
Di poin 1 ini saya membagi menjadi 3 sub kategori judul
yang membuat pembaca penasaran :
# Mengandung
pertanyaan
Judul yang mengandung pertanyaan mempunyai struktur 5W + 1H, yaitu :
What –
Apa?
When –
Kapan?
Why – Mengapa
/ Kenapa?
Where –
Dimana?
Who –
Siapa?
+
How –
Bagaimana?
Lihat contoh di bawah :
o Apakah Judul Artikel Blog dapat Mempengaruhi Minat Pembaca?
o Mengapa Lebih Baik Memilih Handphone Samsung daripada Memilih Merek Lain?
Judul di atas menunjukkan bahwa untuk mendapatkan jawaban
dari pertanyaan tersebut, maka pembaca secara otomatis akan meng-klik judul
tersebut untuk membaca isi konten / artikel. Inilah yang disebut judul yang membuat
pembaca penasaran.
# Mengandung
perbandingan
Judul yang mengandung perbandingan sudah banyak kita
jumpai.
Seperti contoh judul di bawah,
o Pilih Motor Bebek atau Matic, Ini Keunggulannya Masing-masing…
o Pilih Wisata ke Lombok atau Bali, Ini yang Harus Kamu Tahu…
Judul di atas memberikan perbandingan bagaimana memilih
suatu objek tertentu, sehingga menimbulkan rasa penasaran terhadap objek mana
yang bisa menjadi pilihan.
# Menyatakan
list
Judul yang menyatakan list bisa membuat pembaca ingin
mengetahui apa yang terkandung dalam judul tersebut.
Seperti contohnya,
o 7 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi
o 7 Makanan Terenak di Dunia yang Harus Kamu Cicipi
Ini sebagai gambaran, bahwa judul yang menyatakan list
masih menjadi magnet tersendiri bagi pembaca.
Kenapa demikian,
Jika di lihat dari fungsi judul yang menggunakan list,
adalah supaya pembaca lebih mudah untuk mengetahui dengan cepat list-list apa
yang menarik di dalam isi artikel tersebut.
2. Gunakan
angka, tetapi harus tepat penggunaannya
Angka menggambarkan judul yang spesifik. Judul yang
menggunakan angka sudah banyak kita temui di berbagai media cetak.
Lihat di sampul majalah Pesona ini :
6 Kue Manis…8 Gaya Kompak…
Angka memang sudah terbukti mampu meningkatkan jumlah
pembaca.
Masalahnya,
Bagaimana menggunakan angka dalam judul yang benar dan
tidak sembarangan, ini yang perlu diperhatikan.
Sebagai contoh judul yang menggunaan angka yang tepat :
o 5 Langkah Praktis Membuat Kue yang Lezat
o Teknik SEO – 5 Cara yang Harus Anda Lakukan
o 50 Alasan Kenapa Anda Selalu Gagal dalam Bisnis
Gunakan angka jika sobat menginginkan judul yang
spesifik. Tetapi perlu di perhatikan, jangan sampai judul sobat menjadi aneh
untuk di baca.
Seperti ini contohnya,
o Pilih Spiderman, Superman, atau 2-2 nya?
o Sepuluh Cara Membuat Blog di WordPress
3. Bisa
mempengaruhi psikologi orang yang membaca
Judul yang baik adalah judul yang bisa membangkitkan
psikologi pembaca.
Psikologi yang seperti apa?
ü Menimbulkan rasa terkejut, heran, tidak percaya
ü Menimbulkan keingintahuan yang membaca
ü Menyebabkan perasaan galau, gundah, khawatir
ü Bisa juga membuat yakin, percaya dan pasti
Untuk lebih mudahnya, simak contoh judul di bawah :
o Ibu 3 Anak ini Berhasil Menurunkan Berat Badan 20 Kg hanya dalam 30 Hari
o 10 Cara Tercepat yang Sudah Terbukti Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan
o Lakukan 5 Cara Menurunkan Berat Badan ini selama 10 Menit, Lihat Hasilnya dalam 2 Bulan
Seperti itulah kira-kira…
Kesimpulannya,
Untuk membangkitkan psikologi pembaca, kita harus
menggunakan perasaan kita untuk melakukan itu. Posisikan diri kita sebagai
pembaca, kemudian gunakan struktur kata yang tepat untuk judul tersebut.
4. Memberikan
manfaat, apa yang diperoleh setelah membaca
Setiap orang pasti menginginkan manfaat dari artikel yang di baca. Tentunya ini tidak lepas dari peran judul yang
menggambarkan hal tersebut.
Seperti judul ini contohnya :
o Cara Merawat Kulit secara Alami ala Artis Dian Sastro
o Langkah Membasmi Virus Komputer dalam Waktu 30 Menit
Judul di atas memberikan rasa terhadap pembaca akan
manfaat setelah mereka membaca isi artikelnya.
Tetapi jangan sampai salah penerapannya.
Seperti :
o Cara Merawat Kulit Secara alami Terbaik Tercepat Terdahsyat
o Langkah Membasmi Virus Komputer Tercanggih Tercepat dan Terbaik
5. Terakhir,
fokus pada target pembacanya
Fokus dalam judul adalah supaya kita mempunyai tujuan
target pembaca yang jelas.
Simak kasus di bawah :
Rani ingin handphone selfie yang bagus dengan budget 2
juta. Ada 2 pilihan yang akan di ambil Rani, pergi ke Counter atau belanja
online?
Tentunya Rani pasti mencari informasi dulu tentang apa
yang menjadi pertanyaannya tersebut.
Dari kasus di atas kita bisa simpulkan,
Pembaca menginginkan informasi yang akurat terhadap
permasalahan mereka, maka buatlah judul artikel yang fokus pada satu target
pembaca tertentu.
Lihat contoh judul di bawah :
o 10 Smartphone Selfie Terbaik dengan harga di bawah 2 Juta
o 20 Smartphone Android Terbaik dengan harga di bawah 1 Juta
Atau,
o Panduan Travelling ke Singapura bagi Kamu yang Mempunyai Budget 2 Juta
o 10 Film Action Terbaru bagi Anda yang Hobi Nonton Bioskop
Kesimpulan
:
Aplikasi dari semua judul di atas tentunya harus
disesuaikan dengan topik yang di bahas. Jangan sampai judul tersebut menjadi
tidak nyambung dengan isi artikelnya. Ini harus sering di latih terus-menerus.
Baca Panduan membuat judul berikut : 8 Formula Judul Artikel Blog + Contoh
Baca Panduan membuat judul berikut : 8 Formula Judul Artikel Blog + Contoh
Cukup sekian artikel saya, Semoga bermanfaat…
Wassalam…