Rabu, 30 Agustus 2017

Panduan Terbaru Membuat Blog di WordPress (Gratis) untuk Pemula


Platform blog gratis selain Blogger.com yang cukup terkenal yaitu WordPress.com. Platform yang diciptakan oleh Matt Mullenweg ini mulai tenar sekitar tahun 2008 silam. Hingga sekarang sudah banyak blogger yang menggunakan platform blog dari WordPress ini.

Perlu diketahui selain platform gratis (WordPress.com), WordPress juga mempunyai jenis platform berbayar yaitu WordPress.org. Pada intinya platform-nya hampir sama, cuma di WordPress.org kita diharuskan menyewa hosting dan beli domain.

Itu sedikit informasi tentang platform Wordpress.

Ok, kita lanjutkan,

Di artikel panduan saya kali ini, kita khusus akan mempelajari bagaimana membuat blog dengan platform WordPress.com (gratis). Langkah-langkahnya silahkan sobat ikuti seperti dibawah :

1. Kunjungi situs WordPress.com.


2. Klik Get Started.


3. Halaman berikutnya pilih Start with a blog.


4. Langkah selanjutnya pilih tema (template) yang sobat sukai.


5. Di halaman ini, silahkan sobat mengetikkan alamat url yang di kehendaki. Contoh seperti gambar diatas “bloginfodarikami.wordpress.com”, pilih yang Free. Jika sudah menemukan alamatnya, klik Select.


6. Kemudian klik Start with Free.


7. Silahkan daftarkan email sobat dan buat password akun WordPress. Jika sudah, klik Continue.


8. Sampai disini sobat telah sukses membuat blog di WordPress. Untuk melihat blog, tekan tombol View My Site.
9. Langkah berikutnya, lihat pemberitahuan email sobat dan klik Confirm now.

10. Sobat akan diarahkan ke dashboard WordPress, untuk selanjutnya atur dulu di menu Settings. Buat Judul blog, tagline dan ikon blog. Jika sudah Save settings.

11. Buat Post pertama sobat, Klik Add.

Sobat akan diarahkan ke halaman seperti gambar diatas.

Nomor 1. Judul konten / artikel sobat
Nomor 2. Tombol untuk Preview dan Publish
Nomor 3. Menu untuk pengolahan konten / artikel, hampir mirip dengan tools yang ada di Microsoft Word.
Nomor 4. Berfungsi untuk melihat status, mengatur kategori dan tag, featured image (fitur gambar) dan lain sebagainya.

Contoh konten seperti gambar diatas, silahkan buat konten / artikel yang sobat kehendaki. Topik apa yang ingin sobat tuangkan ke dalam blog. Jika ingin mem-publikasikan, klik Publish.

Sobat bisa mempelajari menu-menu yang lain yang berada di sidebar kiri pengaturan blog. Dari mulai melihat statistik, membuat halaman baru, membuat post, mengatur media, mengatur tema (template) dan lain sebagainya.

Kesimpulan :

Platform apapun yang sobat gunakan, tetap mementingkan kualitas konten didalamnya adalah hal yang harus diperhatikan. Meskipun platform gratis, tidak lantas kita membuat postingan yang ala kadarnya. Berusaha dan belajar membuat konten yang bagus harus tetap kita utamakan.

Cukup sekian, Wassalam…