Di artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana mendaftarkan dan verifikasi blog ke Google Search Console (GSC). Jika sobat belum mendaftarkan dan verifikasi, silahkan sobat daftarkan dan verifikasi terlebih dahulu blog sobat.
Menginjak ke
pembahasan kali ini, kita akan mengupas lebih jauh fitur-fitur yang ada di GSC.
Ada 8 menu yang akan kita bahas. Tampilannya seperti gambar di bawah :
Mari kita
mulai,
1. Dashboard
Di menu Dashboard ini kita akan menemukan rangkuman statistik situs kita, seperti Crawl errors (Kesalahan Perayapan), Search Analytics (Telusur Analytics),
dan Sitemap (Peta Situs).
2. Messages (Pesan)
Di menu ini
jika ada pemberitahuan atau isu-isu penting terkait dengan situs kita maka akan
diberitahukan disini.
3. Search Appearance (Tampilan Penelusuran)
Menu yang
ini berkaitan dengan bagaimana situs kita tampil di penelusuran Google.
Structured Data (Data Tersturktur)
Structured Data membantu Google
memahami konten di situs kita, yang dapat digunakan untuk menampilkan
fitur-fitur user friendly situs di
hasil penelusuran. Jika ada halaman dengan data terstuktur yang error, maka akan di tampilkan disini. Biasanya fitur ini digunakan oleh web-web besar.
Rich Cards (Kartu Rich)
Hampir sama
dengan Structured Data,
Rich Cards membantu memperbaiki kesalahan dalam
data terstruktur yang ditemukan Google di situs kita. Rich Cards juga dapat membantu mengarahkan penelusuran ke situs
kita dengan tampilan yang lebih variatif.
Data Highlighter (Penyorot Data)
Hampir sama
dengan 2 Sub-menu diatas,
Fungsi dari Data Highligter adalah untuk mempermudah
situs kita tampil menarik di search
engine seperti memberi tag pada halaman. Jika situs kita tidak mempunyai Structured Data seperti reviews, event atau local bussines listings, maka kita tidak perlu mengatur fitur ini.
HTML Improvements (Penyempurnaan HTML)
HTML
Improvement memperlihatkan masalah-masalah bagaimana situs kita dirayapi oleh
robot Google dan Indexing. Seperti
pada judul (title), meta description dan konten yang tidak
terindeks.
Accelerated Mobile Pages (Laman Seluler yang Dipercepat)
Fitur Accelerated Mobile Pages ini mempunyai
fungsi untuk mempercepat dan meringankan akses situs kita ke perangkat ponsel.
4. Search Traffic (Lalu Lintas Penelusuran)
Menu ini
berkaitan langsung dengan situs kita, mulai dari traffic, backlink, internal link, dan sebagainya.
Ada 6
sub-menu, diantaranya :
Search Analytics (Telusur
Analytics)
Sub-menu ini
merupakan salah satu yang paling penting dan sering digunakan untuk melihat
data statistik kunjungan (traffic) yang masuk ke situs kita. Dari mulai Clicks
(Jumlah Klik), Impressions (Jumlah Tayangan), CTR (Click Through Rate), hingga
Position (Posisi Situs).
Links to Your Site (Tautan
ke Situs Anda)
Sub-menu ini
menampilkan data backlink ke situs kita.
Internal Links (Tautan
Internal)
Sub-menu ini
menampilkan data internal link kita (link antar halaman situs).
Manual Actions (Tindakan
Manual)
Sub-menu ini
sebaiknya selalu kosong. Karena jika ada peringatan tindakan manual disini,
berarti situs kita terindikasi webspam dan harus siap pembersihannya supaya situs
kita terhindar dari penalty Google.
International Targeting (Penargetan
Internasional)
Sub-menu ini
digunakan untuk penargetan pengunjung berdasarkan bahasa dan negara. Kita bisa
mengatur penargetan negara berdasarkan target yang diinginkan.
Mobile Usability (Kebergunaan
Seluler)
Sub-menu ini
menampilkan halaman situs kita yang belum mobile
friendly disertai dengan permasalahannya. Seperti Elemen yang berdekatan
satu sama lain, teks terlalu kecil, konten lebih lebar dari layar, dan
sebagainya.
5. Google Index (Google Indeks)
Google Index
menampilkan data-data hasil perayapan robot Google dan indexing di situs kita.
Ada 3
sub-menu, diantaranya :
Index Status (Status Indeks)
Sub-menu ini
menampilkan jumlah halaman-halaman yang sudah di indeks oleh Google. Disini
kita juga bisa melihat halaman yang di cekal oleh robot Google.
Blocked Resources (Sumber Daya yang Diblokir)
Sub-menu ini
menampilkan sumber daya yang di blokir oleh robot.txt, seperti javascript, CSS,
JQuery, File Image dan sebagainya. Usahakan jangan memblokir akses resources di
situs kita agar robot Google mudah untuk melakukan penelusuran dan indexing.
Remove URLs (Hapus URL)
Sub-menu ini
digunakan untuk menghapus halaman di situs kita dari indeks Google.
6. Crawl (Perayapan)
Menu ini
menampilkan segala hal tentang perayapan (crawl)
yang dilakukan oleh robot Google ke situs kita.
Ada 6
sub-menu, diantaranya :
Crawl Errors (Kesalahan Perayapan)
Sub-menu ini
memberitahukan dan menampilkan data kesalahan yang terjadi terhadap situs kita
oleh robot Google dalam 90 hari terakhir. Seperti kesalahan DNS, konektifitas
server, pengambilan robot.txt, halaman error 404, dan sebagainya.
Crawl Stats (Statistik Perayapan)
Sub-menu ini
menampilkan statistik perayapan, mulai dari halaman, data yang di unduh, hingga waktu yang dibutuhkan
untuk mengunduh halaman tersebut.
Fletch as Google (Ambil sebagai Google)
Sub-menu ini
di gunakan untuk indexing halaman situs
supaya cepat dirayapi oleh robot Google. Fletch
as Google ini juga men-simulasikan perayapan dan eksekusi render seperti yang dilakukan pada
proses perayapan dan rendering normal
Google serta berguna untuk debugging masalah
perayapan di situs kita.
Fletch as Google secara umum biasa digunakan untuk
optimasi SEO.
Robot.txt Tester (Penguji Robot.txt)
Sub-menu ini
digunakan untuk mendeteksi apakah file robot.txt di situs kita sudah benar dan
tidak memblokir halaman yang penting.
Sitemaps (Peta Situs)
Sub-menu ini
digunakan untuk mengirim peta situs agar robot Google lebih mudah menemukan
halaman-halaman baru di situs kita.
URL Parameters (Parameter URL)
Gunakan
fitur ini hanya jika kita yakin bagaimana parameter URL itu bekerja. Kesalahan
URL bisa mengakibatkan banyak halaman situs menghilang dan terhapus dari penelusuran.
Jika tidak menguasai bahasa pemrograman, sebaiknya jangan mengubah apapun di sub-menu ini.
7. Security Issues (Masalah Keamanan)
Security Issues merupakan fitur keamanan dari adanya
malware, script-script mencurigakan hingga yang di retas (hacking). Jika masalah itu ada, biasanya
pemberitahuannya di menu ini.
8. Web Tools (Alat-alat Website)
Merupakan
menu terakhir di GSC, fungsinya untuk lebih mengoptimalkan situs kita. Ada
macam-macam tools seperti Ad Experience
Report, Testing Tools, Other Resources dan kembali ke Search Console. Bisa dipelajari dengan
meng-klik masing-masing menunya.
Sekian pembahasan tentang 8 menu di GSC. Semoga Bermanfaat...