Minggu, 13 Agustus 2017

Mengenal Lebih Jauh 8 Menu Google Search Console, Apa Sajakah Itu?


Di artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana mendaftarkan dan verifikasi blog ke Google Search Console (GSC). Jika sobat belum mendaftarkan dan verifikasi, silahkan sobat daftarkan dan verifikasi terlebih dahulu blog sobat.

Menginjak ke pembahasan kali ini, kita akan mengupas lebih jauh fitur-fitur yang ada di GSC. Ada 8 menu yang akan kita bahas. Tampilannya seperti gambar di bawah :




Mari kita mulai,

1. Dashboard

Di menu Dashboard ini kita akan menemukan rangkuman statistik situs kita, seperti Crawl errors (Kesalahan Perayapan), Search Analytics (Telusur Analytics), dan Sitemap (Peta Situs).



2. Messages (Pesan)

Di menu ini jika ada pemberitahuan atau isu-isu penting terkait dengan situs kita maka akan diberitahukan disini.



3. Search Appearance (Tampilan Penelusuran)

Menu yang ini berkaitan dengan bagaimana situs kita tampil di penelusuran Google.


Ada 5 sub-menu, diantaranya :

Structured Data (Data Tersturktur)
Structured Data membantu Google memahami konten di situs kita, yang dapat digunakan untuk menampilkan fitur-fitur user friendly situs di hasil penelusuran. Jika ada halaman dengan data terstuktur yang error, maka akan di tampilkan disini. Biasanya fitur ini digunakan oleh web-web besar.

Rich Cards (Kartu Rich)
Hampir sama dengan Structured Data,

Rich Cards membantu memperbaiki kesalahan dalam data terstruktur yang ditemukan Google di situs kita. Rich Cards juga dapat membantu mengarahkan penelusuran ke situs kita dengan tampilan yang lebih variatif.

Data Highlighter (Penyorot Data)
Hampir sama dengan 2 Sub-menu diatas,

Fungsi dari Data Highligter adalah untuk mempermudah situs kita tampil menarik di search engine seperti memberi tag pada halaman. Jika situs kita tidak mempunyai Structured Data seperti reviews, event atau local bussines listings, maka kita tidak perlu mengatur fitur ini.

HTML Improvements (Penyempurnaan HTML)
HTML Improvement memperlihatkan masalah-masalah bagaimana situs kita dirayapi oleh robot Google dan Indexing. Seperti pada judul (title), meta description dan konten yang tidak terindeks.

Accelerated Mobile Pages (Laman Seluler yang Dipercepat)
Fitur Accelerated Mobile Pages ini mempunyai fungsi untuk mempercepat dan meringankan akses situs kita ke perangkat ponsel.

4. Search Traffic (Lalu Lintas Penelusuran)

Menu ini berkaitan langsung dengan situs kita, mulai dari traffic, backlink, internal link, dan sebagainya.


Ada 6 sub-menu, diantaranya :

Search Analytics (Telusur Analytics)
Sub-menu ini merupakan salah satu yang paling penting dan sering digunakan untuk melihat data statistik kunjungan (traffic) yang masuk ke situs kita. Dari mulai Clicks (Jumlah Klik), Impressions (Jumlah Tayangan), CTR (Click Through Rate), hingga Position (Posisi Situs).

Links to Your Site (Tautan ke Situs Anda)
Sub-menu ini menampilkan data backlink ke situs kita.

Internal Links (Tautan Internal)
Sub-menu ini menampilkan data internal link kita (link antar halaman situs).

Manual Actions (Tindakan Manual)
Sub-menu ini sebaiknya selalu kosong. Karena jika ada peringatan tindakan manual disini, berarti situs kita terindikasi webspam dan harus siap pembersihannya supaya situs kita terhindar dari penalty Google.

International Targeting (Penargetan Internasional)
Sub-menu ini digunakan untuk penargetan pengunjung berdasarkan bahasa dan negara. Kita bisa mengatur penargetan negara berdasarkan target yang diinginkan.

Mobile Usability (Kebergunaan Seluler)
Sub-menu ini menampilkan halaman situs kita yang belum mobile friendly disertai dengan permasalahannya. Seperti Elemen yang berdekatan satu sama lain, teks terlalu kecil, konten lebih lebar dari layar, dan sebagainya.

5. Google Index (Google Indeks)

Google Index menampilkan data-data hasil perayapan robot Google dan indexing di situs kita.


Ada 3 sub-menu, diantaranya :

Index Status (Status Indeks)
Sub-menu ini menampilkan jumlah halaman-halaman yang sudah di indeks oleh Google. Disini kita juga bisa melihat halaman yang di cekal oleh robot Google.

Blocked Resources (Sumber Daya yang Diblokir)
Sub-menu ini menampilkan sumber daya yang di blokir oleh robot.txt, seperti javascript, CSS, JQuery, File Image dan sebagainya. Usahakan jangan memblokir akses resources di situs kita agar robot Google mudah untuk melakukan penelusuran dan indexing.

Remove URLs (Hapus URL)
Sub-menu ini digunakan untuk menghapus halaman di situs kita dari indeks Google.

6. Crawl (Perayapan)

Menu ini menampilkan segala hal tentang perayapan (crawl) yang dilakukan oleh robot Google ke situs kita.


Ada 6 sub-menu, diantaranya :

Crawl Errors (Kesalahan Perayapan)
Sub-menu ini memberitahukan dan menampilkan data kesalahan yang terjadi terhadap situs kita oleh robot Google dalam 90 hari terakhir. Seperti kesalahan DNS, konektifitas server, pengambilan robot.txt, halaman error 404, dan sebagainya.

Crawl Stats (Statistik Perayapan)
Sub-menu ini menampilkan statistik perayapan, mulai dari halaman, data yang di unduh, hingga waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh halaman tersebut.

Fletch as Google (Ambil sebagai Google)
Sub-menu ini di gunakan untuk indexing halaman situs supaya cepat dirayapi oleh robot Google. Fletch as Google ini juga men-simulasikan perayapan dan eksekusi render seperti yang dilakukan pada proses perayapan dan rendering normal Google serta berguna untuk debugging masalah perayapan di situs kita.

Fletch as Google secara umum biasa digunakan untuk optimasi SEO.

Robot.txt Tester (Penguji Robot.txt)
Sub-menu ini digunakan untuk mendeteksi apakah file robot.txt di situs kita sudah benar dan tidak memblokir halaman yang penting.

Sitemaps (Peta Situs)
Sub-menu ini digunakan untuk mengirim peta situs agar robot Google lebih mudah menemukan halaman-halaman baru di situs kita.

URL Parameters (Parameter URL)
Gunakan fitur ini hanya jika kita yakin bagaimana parameter URL itu bekerja. Kesalahan URL bisa mengakibatkan banyak halaman situs menghilang dan terhapus dari penelusuran.

Jika tidak menguasai bahasa pemrograman, sebaiknya jangan mengubah apapun di sub-menu ini. 

7. Security Issues (Masalah Keamanan)

Security Issues merupakan fitur keamanan dari adanya malware, script-script mencurigakan hingga yang di retas (hacking). Jika masalah itu ada, biasanya pemberitahuannya di menu ini.

8. Web Tools (Alat-alat Website)

Merupakan menu terakhir di GSC, fungsinya untuk lebih mengoptimalkan situs kita. Ada macam-macam tools seperti Ad Experience Report, Testing Tools, Other Resources dan kembali ke Search Console. Bisa dipelajari dengan meng-klik masing-masing menunya.



Sekian pembahasan tentang 8 menu di GSC. Semoga Bermanfaat...